Jakarta | Elindonews.my.id
Bank Indonesia menyediakan 3 layanan baru pada BI-FAST. Ketiga layanan baru tersebut yakni layanan transfer secara kolektif (bulk transfer), pembayaran atas dasar permintaan (request for payment), dan transfer debit secara langsung (direct debit).
Layanan baru ini sudah dapat digunakan mulai hari ini, bertepatan dengan ulang tahun BI-FAST yang ke-III.
Inovasi ini juga menjadi bagian dari upaya mendukung ekonomi-keuangan digital yang integrated, interoperable, dan interconnected (3i).
Ingin tahu detail keunggulan layanan baru tersebut?
Bank Indonesia telah memperkenalkan tiga layanan baru pada BI-FAST yang mulai diimplementasikan pada 21 Desember 2024.
Berikut adalah ketiga layanan tersebut:
1. Transfer Secara Kolektif (Bulk Transfer): Layanan ini memungkinkan pengiriman dana dari satu pengirim ke banyak penerima sekaligus, dengan minimal 20 transaksi dalam satu instruksi. Fitur ini dirancang untuk mendukung efisiensi dalam pengelolaan transaksi volume besar, seperti pembayaran gaji karyawan, pembayaran kepada vendor, dan pembayaran dividen.
2. Pembayaran Atas Dasar Permintaan (Request for Payment): Layanan ini memberikan kemudahan bagi penerima dana untuk mengirimkan permintaan pembayaran kepada pengirim dana. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti penagihan pembayaran invoice dan penagihan pembayaran perorangan.
3. Transfer Debit Secara Langsung (Direct Debit): Layanan ini memfasilitasi pembayaran tagihan rutin secara otomatis. Nasabah dapat memberikan otorisasi pendebitan rekening secara langsung untuk pembayaran seperti listrik, air, cicilan leasing, dan premi asuransi.
Dengan adanya ketiga layanan baru ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam transaksi keuangan bagi masyarakat dan pelaku usaha di Indonesia.
(Taulim PM/rel/fb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar