Pojok Pilkada Polsek Onanrunggu Ciptakan Pilkada Serentak 2024 Yang Damai



Samosir | Elindonews.my.id


Dalam upaya mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kepolisian Sektor Onanrunggu (Polres Samosir) menggelar kegiatan Pojok Pilkada dalam pemetaan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024, Kamis (10/10/2024).


Pojok Pilkada Polsek Onanrunggu Polres Samosir  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada, serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan aman dan tertib. Selain  kegiat tersebut sebagai langkah evaluasi keamanan tahapan yang sudah terlaksana serta melihat dampak pelaksanaan tahapan berikutnya, agar dapat terlaksana dengan baik.


Kanit Intel Polsek Onanrunggu Polres Palas Bripka  Ramles Sitanggang mengatakan, indikator suksesnya pelaksanaan Pilkada yaitu terciptanya kepercayaan Masyarakat terhadap penyelengara serta Polri karena rasa aman dan damai sehingga meningkatnya partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak Tahun 2024.


“Potensi Kerawanan pelaksanaan Pilkada lebih tinggi dibanding Pilpers atau Pileg Tahun 2024. Karena masyarakat langsung bersentuhan dalam pendukung simpatisan kepada Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung,” ujarnya.


“Kita harus saling bekerja sama dan Sinergi dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman, Nyaman dan Damai dalam pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Samosir. Polri membutuhkan masukan dari Masyarakat dalam  Pengamanan,” Timpal Kanit Intel Polsek Onanrunggu


Sementara itu, Masyarakat Desa Sipinggan Kec. Nainggolan Baringin Siringoringo menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas pelaksanaan Pojok Pilkada Tahun 2024 yang dilaksanakan Polsek Onanrunggu Polres Samosir. 


Menurutnya, program ini merupakan langkah untuk mengingatkan berbagai pihak dalam menjaga rasa aman dan kekondusifan bagi masyarakat demi kelancaran pilkada Serentak 2024.



"Kami dari masyarakat Desa Sipinggan Kec. Nainggolan siap berkolaborasi / bekerjasama dengan  Polsek Onanrunggu Polres Samosir untuk mensukseskan Pilkada tahun 2024. Pojok Pilkada ini kiranya diperkuat, Dilaksanakan di setiap desa dan kelurahan di kabupaten Samosir. Kami Juga Meminta agar Nomor Kontak Personil Polsek Onanrunggu Tetap Aktif selama 24 jam karena kami masyarakat siap berbagi informasi terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 khususnya terkait keamanan. Dan nantinya sebelum Hari H Pencoblosan agar kedai tuak diamankan, diatur jam beroperasinya/jam bukanya karena berdampak pada tingkat emosi masyarakat khususnya kalau sudah mabuk," Kata Baringin.


Sementara Personil Bhabinkamtibmas dari Polsek  Onanrunggu BrigPol Gunawan Situmorang menanggapi Penyampaian dari Baringin Siringoringo, dengan menyampaikan, "Terimakasih atas Masukan Pak Baringin, atas permintaan bapak terkait aktif selama 24 jam, pasti kami aktifkan demi terciptanya keamanan, Disetiap Desa Ada Bhabinkamtibmas maka kiranya seluruh masyarakat mengetahui no kontak bhabinkamtibmasnya dan kalaupun mungkin karena sudah larut malam atau subuh atau karena ada kesibukan lainnya, masyarakat dapat menghubungkan kami di no kontak 110 dan pasti tersambung. Dan menelpon 110 ini tidak dipungut biaya dan langsung terkoneksi ke Polres Samosir dan no kontak tersebut juga akan terkoneksi ke Siaga Polda Sumut."


"Untuk kedai Tuak nantinya akan kita koordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dan memang benar bahwa dampak bukanya Kedai tuak ini sampai malam sangat mempengaruhi terhadap keamanan." Pungkas BrigPOl Gunawan Situmormag


Dari Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir didapat informasi, bahwasannya kegiatan Pojok Pilkada 2024 akan dilaksanakan seluruh Polsek Jajaran dan Polres Samosir dalam mendukung terciptanya Pilkada Serentak 2024 yang Damai di Kabupaten Samosir. 


Sasaran dari Pojok Pilkada ini adalah Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Politik di tingkat Desa dan nantinya mereka akan menjadi perpanjangan Tangan Polres Samosir dalam menciptakan kedamaian di Desa dalam masa Tahapan Pilkada Serentak 2024 Kab.Samosir, pungkas BrigPol Vandu P Marpaung.

(  Nanang S  ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar