Jelang Pelaksanaan Ibadah Minggu Polres Samosir Tingkatkan Keamanan



Samosir | Elindonews.my.id


Polres Samosir dan jajaran Polsek melakukan rangkaian kegiatan pengamanan untuk memastikan kelancaran dan kekhusyukan ibadah Minggu di gereja-gereja yang ada di wilayah hukum Polres Samosir. Kegiatan ini dimulai sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi, melibatkan patroli di lokasi keramaian, objek vital dan tempat rawan balap liar, Minggu(27 Oktober 2024).


Pada Sabtu malam (26/10/24), personel Polres Samosir melakukan patroli mulai pukul 22.00 hingga Minggu subuh pukul 02.00 WIB di berbagai lokasi yang rawan gangguan, termasuk area keramaian, objek vital, serta fasilitas terkait Pilkada 2024 seperti kantor KPU dan Bawaslu. Berdasarkan laporan, kegiatan ini berlangsung lancar dan aman, tanpa ditemui adanya gangguan Kamtibmas, balap liar, atau geng motor. Situasi di lokasi objek vital, termasuk kantor pemerintahan dan objek wisata, juga dilaporkan kondusif dengan penjagaan tambahan dari petugas.


Menjelang ibadah Minggu Gereja pagi, pukul 08.00 WIB, pengamanan ditingkatkan di sejumlah gereja besar dan gereja yang berada dekat pusat keramaian. Polisi bekerja sama dengan pengurus gereja serta pemuda gereja untuk memastikan jalannya ibadah berjalan aman. Pola pengamanan ini melibatkan pemeriksaan di dalam gereja, mengantisipasi adanya benda-benda mencurigakan, serta pembukaan pintu khusus untuk keluar-masuk umat gereja.


Untuk memastikan kenyamanan umat, personel juga bekerja sama dengan pemuda gereja dalam mengatur parkir, memeriksa isi tas umat dan mengatur lalu lintas di sekitar gereja. Upaya ini didukung oleh patroli gabungan dari Sat Samapta, Sat Lantas, dan Polsek jajaran untuk memantau area sekitar.


Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol Vandu P. Marpaung, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan menciptakan kondisi aman di seluruh gereja wilayah hukum Polres Samosir. “Ibadah Minggu berjalan lancar berkat kegiatan cipta kondisi sejak malam Minggu hingga pengamanan saat ibadah Minggu gereja. Pengawasan oleh personel Propam dan Kapolsek jajaran memastikan kehadiran personel dan keamanan yang optimal di seluruh lokasi,” pungkasnya.


Kegiatan pengamanan ini telah memberikan rasa tenang bagi umat, memungkinkan mereka beribadah dengan khusyuk dan aman selama masa tahapan Pilkada Serentak 2024.

( Nanang S  ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar