Anggota DPRD Sumut Hasil Pemilu Periode 2024-2029 Sah Dilantik



Medan | Elindonews.my.id


Sebanyak 100 plus minus satu menjadi 99 Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2024-2029 sah dilantik. 


Pelantikan berlangsung di Gedung Paripurna DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan dihadiri elemen masyarakat serta anggota keluarga masing-masing dari anggota DPRD yang dilantik, Selasa (17/9/2024) 


Anggota legislator yang dilantik tersebut, berasal dari Partai Golkar (22 kursi) PDIP (21 kursi) Gerindra (13 kursi) (NasDem 11 kursi/dari 12 kursi) PKS (10 kursi) PAN (6 kursi) Demokrat (5 kursi) Hanura (5 kursi) PKB (4 kursi) PPP (1 kursi) dan Perindo (1 kursi).


Dari 100 kursi, Satu kursi dari NasDem atas nama Mustafa Kamil Adam ditunda pelantikannya. 

Hal itu dikarenakan perselisihannya dengan sesama koleganya dari NasDem Aulia Agsa. 


Pelantikan diawali dengan rapat paripurna, kemudian dilanjutkan pengambilan ikrar sumpah jabatan dan penyerahan simbolis jabatan Ketua DPRD Sumut lama kepada Ketua DPRD Sumut sementara.


Lewat sambutannya, Ketua DPRD Sumut lama, Sutarto menyampaikan permohonan maafnya selama menjabat juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak.


“Sebagai pribadi dan juga sebagai pimpinan DPRD, saya memohon maaf atas semua kelemahan maupun kekurangan. Secara khusus saya sampaikan dengan memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak beserta jajarannya atas kerja samanya selama ini,” tuturnya. 


Kemudian Ketua DPRD Sumut sementara periode 2024-2029, Muhammad Rahmaddian Shah menyampaikan harapannya agar semua pihak bisa bersinergi serta bekerja sama untuk membangun wilayah Sumut.


“Pada kesempatan ini saya berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumut dengan seluruh jajarannya untuk dapat bekerjasama sebagai mitra kerja untuk membangun Sumut,” ucapnya. 


Politisi Partai Golkar ini juga berjanji akan menjalankan amanah sebagai Ketua DPRD Sumut sementara dengan penuh tanggung jawab.


“Tanggung jawab pimpinan sementara ini sangat membutuhkan energi yang cukup besar serta jalinan kerjasama yang kuat juga harmonis dari segenap anggota DPRD termasuk di dalamnya sekretariat DPRD Sumut,” paparnya


“Perlu kita sadari jabatan sebagai anggota DPRD merupakan amanah yang diberikan oleh masyarakat kepada kita, oleh karena itu kita harus mengukur rasa penuh tanggung jawab. Mari kita bekerja dengan maksimal,” lanjutnya. 


Pelantikan ini juga dihadiri oleh Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, Ketua KPU Sumut Agus Arifin, Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis, pimpinan partai politik, dan ribuan massa, termasuk para undangan keluarga dari anggota DPRD Sumut terpilih, Forkopimda Sumut. (JB Rumapea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar