Bank Indonesia Perwakilan Sumut Sukses Gelar Rangkaian KKSU 2024, Total Transaksi Rp.91,7 Miliar


Yura Djalins didampingi Suharman Tabrani, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut



Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Yura Djalins menjelaskan bahwa pada tahun ini, Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI dan GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan.

"Pencapaian KKSU 2024 berhasil mencatatkan total transaksi dari rangkaian acara KKSU mencapai Rp.91,7 miliar serta business matching Rp.10,8 miliar, melebihi target GBBI dan GBBWI sebesar Rp.50 miliar per daerah," ungkap Deputi Kepala Perwakilan Sumut Yura Djalins didampingi Deputi Kepala Perwakilan Suharman Tabrani dan Iman Gunadi, Advisor BI Sumut bersama wartawan saat Bincang-Bincang Media (BBM) Bulan Juli 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, 29/7/20224.

Secara rinci, Yura Djalins menjelaskan, penjualan event road to KKSU (Karya Kreatif Sumatera Utara) mencapai Rp.32,8 miliar dengan rincian antara lain F1Powerboat (Feb 2024) mencapai Rp.203 juta, Planogram (Feb-Mar 2024) Rp.6,6 miliar, Pekan Inovasi (15 Mei 2024) Rp.9,8 juta, dan penjualan Pra KKSU (April-Juni 2024) sebesar Rp.26 miliar lebih.

Selanjutnya, penjualan KKSU mencapai Rp.2,99 miliar dengan rincian, pameran KKSU offline (3-7 Juli 2024) sebesar Rp.2,47 miliar dan pameran KKSU online (3-7 Juli 2024) sebesar Rp.516,7 juta. Kemudian transaksi ekspor UMKM (April-Juni 2024) mencapai Rp.55,89 miliar.Event KKSU yang mengemas Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI) dengan acara puncak 3-7 Juli 2024 di Medan sukses digelar. 



Kegiatan tersebut berhasil mencatatkan total transaksi dari rangkaian KKSU 2024 mencapai Rp91,7 miliar, serta business matching Rp10,8 miliar.

Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI) merupakan sebuah gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata dalam negeri.

Event KKSU tersebut diikuti 301 UMKM baik secara offline mencapai 135 UMKM dan online 163 UMKM dengan jumlah pengunjung 282 ribu.

Sementara itu, pencapaian KKSU dalam agenda Business Matching sebesar Rp10,8 miliar dengan rincian, business matching pembiayaan sebesar Rp.8,3 miliar, business matching ekspor sebesar Rp.2,4 miliar, dan business matching dalam negeri Rp.11,3 juta.

Dalam acara tersebut juga dilakukan selebrasi program antara lain Selebrasi program pengembangan UMKM Go Export dengan total nilai transaksi ekspor mencapai Rp.42 miliar, business matching pembiayaan Rp.8,3 miliar, penandatanganan 10 kerjasama investasi strategis senilai Rp500 miliar, dan program sosial Bank Indonesia berupa revitalisasi Istana Maimun.

"Dalam event KKSU tersebut Bank Indonesia memfasilitasi UMKM dalam mempromosikan produknya secara online melalui website KKSU (KKSU 2024 – Pameran UMKM Unggulan [karyakreatifsumut.com]). Lebih dari 300 UMKM unggulan di Sumatera Utara terdaftar pada e-catalogue KKSU 2024," jelasnya. 

(Taulim PM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar