Hadapi Pilkada 2024, 150 Media Hadiri Rakor KPU Sumut


Hadapi Pilkada 2024, 150 Media Hadiri Rakor KPU Sumut 


Medan | Elindonews.my.id


Dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur/Wakil, Bupati/wakil dan Walikota/wakil, KPU Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) yang di ikuti 150 wartawan.


Hadir jajaran KPU Sumut, Bawaslu Sumut, Ketua PWI Sumut, media cetak, Elektronik dan Online. Kegiatan di laksanakan Hotel JW Marriot, Selasa (25/6/2024), Medan


Aswin Diapari didampingi Ketua KPU Sumut menyampaikan secara tegas akan mengawasi setiap proses serta tahapan pemungutan suara ulang yang akan diselenggarakan di Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Samosir.


Lanjut dia, ini juga akan memaksimalkan pengawasan terhadap pungutan suara ulang guna mencegah terjadinya potensi pelanggaran pemilu pada tahapan pemungutan suara ulang.


Sebagai peran, menurutnya bahwa Bawaslu Sumut, Bawaslu Kabupaten Nias Selatan maupun Bawaslu Kabupaten Samosir sangatlah penting sebagai pelaksanaan pemungutan suara ulang. Oleh karena itu, sebagai faktor sumber daya manusia dan strategi pengawasan yang baik akan sangat menentukan lancar amannya pelaksanaan PSU di dua Kabupaten tersebut. 


Ditambahkannya lagi, ada beberapa poin penting yang menjadi pokok pembahasan bersama yaitu, pengawasan persiapan pemungutan suara ulang, pelaksanaan pemungutan suara ulang, serta rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara serta penetapan hasil pemilihan umum untuk Pemilu.


Untuk itu, sambung Ketua Bawaslu Sumut, mengajak stake holder, peserta pemilu maupun masyarakat untuk bersama turut serta mengawal proses demokrasi di Sumut secara khususnya pemungutan suara ulang.


“Bawaslu Provinsi Sumut bersama Bawaslu dua Kabupaten itu, serta jajaran siap mengawasi sesuai amanat undang-undang untuk mencegah potensi pelanggaran pemilu pada pemungutan suara ulang nantinya,” katanya mengakhiri. (JB Rumapea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar