Sidak Serentak Ke Pasar Tradisional Di Seluruh Indonesia Buahkan Hasil



Pontianak | Elindonews.my.id



Hasil Sidak sejumlah pasar tradisional, KPPU temukan penyebab Bawang Putih alami fluktuasi harga naik. KPPU melakukan sidak-inspeksi mendadak- serentak ke pasar tradisional di seluruh Indonesia terkait Harga bawang. 


KPPU sidak -inspeksi mendadak- harga bahan pokok secara serentak di sejumlah pasar di seluruh Kantor Perwakilan -Kanwil- KPPU di Indonesia, Minggu 19-05-2024 lalu.


Sidak tersebut dilakukan di berbagai kota yakni di Medan, Bandar Lampung, Bandung, Surabaya, Pontianak, Makassar, dan Yogyakarta.


Sidak di pasar tradisional terbesar di Pontianak yakni Pasar Flamboyan dipimpin oleh Ketua KPPU M Fanshurullah Asa dan anggota KPPU Budi Joyo Santoso.


Telusuri Penyebab.

Di wilayah lain, para Kepala Kanwil KPPU juga melakukan sidak di Pasar Petisah Medan, Pasar Tamin dan distributor bawang putih di Bandar Lampung, Pasar Kosambi, Pasar Sederhana, dan Pasar Gedebage di Bandung, Pasar Pabean di Surabaya, dan Pasar Beringharjo Yogyakarta.


Sidak serentak ini ditujukan untuk meninjau fluktuasi barang kebutuhan pokok dan barang penting -bapokting- utamanya bawang putih yang akhir-akhir ini mengalami fluktuasi di Indonesia.


"Saya instruksikan kepada semua Kanwil KPPU untuk melakukan sidak secara serentak di Medan, Lampung, Kalimantan, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung.


Ini kami lakukan karena mendapat informasi dari teman-teman di Komisi VI DPR RI yang menyampaikan harga pangan khususnya bawang putih sudah diatas harga acuan.


Harga acuan untuk bawang putih yaitu Rp32 ribu perkilogram nya, tukas Ketua KPPU.


Di Pontianak, Ketua KPPU menemukan penurunan harga bawang putih yang dibanderol dengan harga Rp34 ribu hingga Rp38 ribu per kg.


Angka ini turun dari bulan lalu yang mencapai Rp41.650 per kg. Meski turun, namun angka penjualan tersebut masih di atas harga eceran tertinggi -HET- yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan -Kemendag- sejak 2019 lalu yaitu Rp32 ribu per kg -dilansir dari laman Kemendag terkait HET bawang putih pada tahun 2019-.


Komoditi pangan lainnya juga mengalami penurunan harga adalah cabai rawit. Semula mencapai Rp60.750 per kg, kini turun berkisar antara Rp52.000 hingga Rp57.000 per kg.


Sedangkan gula pasir harganya stabil di angka Rp18.300 per kg. Meski pergerakannya stabil, namun angka tersebut masih di atas HET yaitu Rp15.000 per kg.

-FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar