Diduga Korupsi ADD Tiga Kepala Desa Di Kec. Harian Samosir Dilaporkan Ke KPK Seorang Terpilih Anggota DPRD



Medan | Elindonews.my.id


Tiga Kepala Desa beserta stafnya, dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta. Ketiga Kepala Desa itu masing-masing, Kepala Desa Hutagalung, Hariara Pintu dan Partukkot Naginjang.


Ketiga Desa di Kecamatan Harian, Kab. Samosir akan dilaporkan karena dugaan korupsi pengadaan barang/jasa berupa Tarktor merk John Deer, dan salah seorang diantanya inisial HS, terpilih jadi anggota DPRD.


Menurut Ka. Korwil KPSKN PIN RI (Komando Pengendalian Stabilitas Ketahanan Nasional Pers Informasi Negara RI) Prov. Sumut, Taulim P. Matondang, pihaknya segera akan  mengirimkan surat pengaduan ke KPK disertai bukti-bukti dan hasil konfirmasi dengan dealer, PT Wahana Inti Selaras cabang Medan.


Dijelaskan bahwa, Traktor John Deere tersebut diduga rakitan. Soalnya, hanya bisa dipakai dua tahun, kemudian rusak alias terduduk, tidak bisa diperbaiki, karena selain biaya mahal, spare partnya tidak ada di Samosir. Bahkan bangkai Traktor di Desa Partukkot naginjang gak ada lagi nampak. Mungkin sudah dibototkan jual per kilo.


Selain korupsi pengadaan barang, ketiga Kades juga diduga telah melakukan korupsi dari hasil sewa Jhon deere. Artinya, sejak dibeli hingga terduduk jadi bangkai, John deere disewakan kepada masyarakat petani dengan sewa bervariasi antara rp.35.000 hingga 40.000 per rante.


Diperoleh pula informasi, bahwa HS salah seorang mantan Kades, kini terpilih menjadi anggota DPRD Kab. Samosir. Diduga, HS telah banyak menggunakan ADD untuk bisa duduk di DPRD.


Sebelumnya, kami sudah berupaya konfirmasi tertulis, namun tidak ada jawaban dari mereka, tutup Taulim, Kamis 09/05/24.  (Roi)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar