Total Investor Pasar Modal Di Sumatera Utara Mencapai 245.955 Orang



Medan | Elindonews.my.id


PT Bursa Efek Indonesia -BEI- Kantor Perwakilan Sumatera Utara mencatat hingga Desember 2023 jumlah total Single Investor Identification -SID- atau investor Pasar Modal Provinsi Sumatera Utara mencapai 245.955 orang.


"Angka itu hanya investor saham saja, belum termasuk investor reksadana, obligasi, ETF, warrant, futures dan lainnya. Kalau digabungkan maka jumlahnya mencapai sekira 600.000 investor," kata Kepala Perwakilan BEI Provinsi Sumatera Utara, M Pintor Nasution, Jumat, 05-04-2024. 


Menurut Pintor jumlah investor Pasar Modal pada 2023 di Sumatera Utara mengalami peningkatan sebesar 37.755 orang dibanding Tahun 2022 dengan total SID mencapai 208.200 orang. Investor berjenis kelamin laki-laki berusia 18-30 tahun masih mendominasi di Pasar Modal. 


"Dari tahun ke tahun jumlah investor kita mengalami peningkatan jika dibanding tahun 2021 dan 2022. Jika dipilah dari segi gender dan umur, investor berjenis kelamin laki-laki masih mendominasi di Pasar Modal. Saat ini  kita lagi banyak investor muda dengan jumlah pekerjaan paling banyak adalah karyawan swasta," sebut Pintor.


Pintor menyebutkan total aset saham yang dimiliki investor Pasar Modal dari Sumatera Utara pada 2023 sebesar Rp24,8 triliun dan non-saham mencapai Rp6,2 triliun. Jumlah investor terbesar berasal dari Kota Medan, Deli Serdang dan kota Binjai.


"Meningkatnya jumlah investor Pasar Modal di Sumatera Utara karena gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia-BEI-, literasi keuangan efektif serta sadarnya masyarakat usia muda untuk melakukan manajemen keuangan, " terangnya. 


Pintor menambahkan di 2024 ini BEI Kantor Perwakilan Sumatera Utara merencanakan menambah tiga galeri investasi di sejumlah perguruan tinggi di antaranya STIE Sultan Agung Pematang Siantar, Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara -USU- dan Battuta di Jalan Sekip Medan.


"Ini semuanya lagi proses, kita juga mau buat Galeri Investasi Emiten di perusahaan berbentuk digital dengan bentuk kerja sama. Total Galeri kita di Sumatera Utara yang sudah berjalan ada sebanyak 22 Galeri Investasi di Medan dan luar kota," ungkap Pintor. 

-FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar