Ribuan Anggota Koperasi CU Cinta Kasih Tuntut Kembalikan Uangnya Diduga Dimainkan Pengurus


Kantor Koperasi Cinta Kasih "Sepi"

Jelang RAT Koperasi CU Cinta Kasih Pengurus Mulai Kelimpungan


Medan | Elindonews.my.id


Koperasi CU Cinta Kasih di Jalan Yos Sudarso, diketahui memiliki beberapa Unit layanan, dan ribuan anggota.


Beberapa pekan terakhir ini, para anggota banyak yang mulai gelisah, karena tidak bisa meminjam bahkan menarik deposito yang telah jatuh tempo.


Alasan klasik dari Ketua Desmon Sirait melalui pengurus, uang deposito tidak bisa ditarik, karena hasil keputusan RAT ada "perpanjangan otomatis".


Pengurus selalu berlindung pada putusan RAT. Padahal, kapan RAT dilaksanakan dan siapa saja yang hadir, tidak jelas. Sehingga timbul dugaan anggota, bahwa RAT hanya akal-akal an pengurus saja.


Seperti tahun 2023, banyak anggota yang tidak tahu, kapan RAT dilaksanakan, dimana, dan siapa saja yang hadir. Karena, diantara anggota, ada yang mendepositokan uangnya, tapi tidak pernah diundang RAT, bahkan tidak pernah diberitahu tentang keputusan RAT.


Mendengar keluhan para anggota, belum lama ini, Dinas Koperasi Provinsi Sumut telah mengundang pengurus Koperasi CU Cinta Kasih, agar segera menyelesaikan polemik dan mengembalikan uang anggota.


Bahkan diperoleh penjelasan dari salah seorang anggota, Dinas Koperasi Sumut bersedia menyuntikkan dana segar kepada Koperasi Cinta Kasih, agar uang nasabah bisa dikembalikan, dan segera laksanakan RAT.


Dapat dimengerti, bahwa Dinas Koperasi tentu ingin mengetahui penggunaan uang Koperasi CU Cinta Kasih, serta pertanggungjawaban pengurus.


Diperoleh informasi bahwa, banyak anggota yang mendepositokan uangnya dalam jumlah besar, bahkan miliaran. Tentu dengan harapan imbalan jasa suku bunga.


Tapi, masalah suku bunga pun, pengurus telah semena-mena dengan dalih hasil RAT, telah menurunkan suku bunga dari 0,8 persen sebulan menjadi 0,2 persen, kata anggota yang sangat kecewa, Jumat 09/02 kepada Media ini.


Sehingga kuat dugaan, bahwa uang anggota telah disalahgunakan oleh oknum-oknum dan mungkin oleh pengurus. Karena belum lama ini, diperoleh informasi, para pengurus telah melakukan pertemuan sebelum RAT tanggal 24 Pebruari 2024. Sebelumnya, direncanakan RAT dilaksanakan tanggal 17 Pebruari.


Dari pantauan Media ini, terlihat Kantor CU Cinta Kasih Jalan Yos Sudarso, sepi-sepi saja. Terkadang ada  terlihat beberapa orang tua yang menangis dihalaman kantor.


Untuk itu, para anggota telah sepakat menuntut pengurus, agar transparan, mengundang semua anggota, dan kembalikan uang deposito tanpa ada kata perpanjangan otomatis.


Karena uang deposito adalah milik dan hak anggota serta untuk kepentingan anggota, bukan kepentingan pengurus, ucap beberepa anggota serempak. (Roi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar