Mengenal Lebih Dekat Caleg DPR RI Jonni Kenro Tumeang


"Terbang Bersama Partai Garuda"


Medan | Elindonews.my.id


Dari marganya sudah dapat ditebak, Jonni Kenro Tumeang asli putera  Batak kelahiran tanggal 31 Desember 1982 di sebuah Tolping Desa Rura Aek Sopang Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan.


Jonni Kenro Tumeang adalah putera pertama dari tujuh bersaudara , ayahnya bernama Tepanus Situmeang seorang petani dan ibundanya bernama Lince Boru Limbong.


Kerasnya kehidupan yang dirasakan masyarakat kalangan pedesaan pada waktu itu, dan masyarakat kecil ekonomi rendah adalah salah satu motivasi orang tua untuk mendidik putera pertamanya. Sejak kecil diusia 5 tahun Jonni Kenro Tumeang sudah dididik orang tuanya untuk bisa hidup mandiri, Jonni Kenro sudah dilatih untuk berjualan Salak setiap pekan pada hari Senin saat ditinggal sendiri oleh orang tuanya karena harus pergi ke sawah.


Pada momen tersebut orang tuanya sudah mengajari hal hal penting dalam hidupnya antara lain adab, sopan santun dan cara mengenali pelanggan pelanggannya, serta ramah dan baik terhadap semua.


Tidak berselang lama sekitar dua minggu setelah Jonni Kenro Tumeang menerima ijazah tingkat SLTA nya Jonni Kenro Tumeang  berangkat merantau jauh dari orang tua, untuk mendapatkan segala bekal hidup yang diharapkan, dan Alhamdulillah bekal bekal yang didapatkannya melebihi yang diharapkan yaitu " sebuah ilmu" dimana selama merantau pengalaman pengalaman yang dialami dan disaksikannya sendiri yang terjadi di kalangan masyarakat yang sangat menyedihkan membuat sebuah tekad apabila ada kesempatan akan merperjuangkan hak hak yang layak bagi masyarakat khususnya kalangan masyarakat kecil.


Kemudian pada Tahun 2007 Jonni Kenro Tumeang  berangkat ke Medan, melanjutkan Studinya di Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan hingga selesai pada tahun 2016


Selama proses pendidikan berlangsung, Jonni Kenro Tumeang harus tetap Mandiri memperjuangkan  Pendidikannya, tak lain terkait biaya selama masa pendidikan.


Benturan biaya yang dihadapinya menjadi peluang untuk mengenali Negeri tercintanya " Propinsi Sumatera Utara baik dari perkotaan hingga ke pelosok pelosok Desa" dimana selama pendidikan Jonni Kenro bergabung di Beberapa Lembaga- Lembaga Survey Swasta, dengan momen itu disamping Jonni Kenro Tumeang mendapatkan upah honor dari perusahaan Lembaga Survey, beliau juga dapat melihat, mendengar  serta menyaksikan secara langsung keluhan masyarakat khususnya masyarakat kalangan bawah.


Setelah menamatkan studinya Jonni Kenro Tumeang bergabung di dinas pendidikan sebagai tenaga guru honorer di sekolah swasta yang ada di binjai KM 12, selama lebih kurang 2 tahun dimana, dia merasakan nasib seorang guru tenaga honorer yang dianggap saat ini upah/ seorang  tenaga  guru honorer masih belum layak.


Berhenti dari seorang guru karena faktor ekonomi kemudian turun bergabung membentuk beberapa organisasi kemasyarakatan untuk memperjuangkan hak hak masyarakat antara lain hak ulayat, Jonni Kenro Tumeang selaku Sekretaris Jenderal bersama kawan kawan mendirikan organisasi Perkumpulan Masyarakat Tradisional (PERMATRA), kemudian Bergabung di Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) sebagai Ketua DPD JBMI Kota Medan pada 2019-2022, Wakil Sekretaris DPP perserikatan Bangso Batak Sedunia (DPP PBBD) 2020 hingga sekarang.


Terbang bersama "Garuda" atas Doa dan Dukungan serta harapan keluarga , sahabat seluruh masyarakat Sumatera Utara Khususnya yang ada di Dapil III sumut, kiranya hak hak masyarakat yang selama ini masih kurang dapat perhatian dapat diperjuangkan melalui (Partai Garda Nasional Indonesi "GARUDA")


Saya Jonni Kenro Tumeang Mengharapkan Doa Serta Dukungan baik dari keluarga sahabat dan masyarakat yang berada di Sumatera Utara Khususnya Dapil III Sumut , dan atas Dukungan Tersebut saya ucapkan Terima Kasih. Mari bersama menyambut indinesia Emas yang gemilang.


Riwayat ;

1. SD Negeri 173470 Tahun 1988 -  1994, 

2.SLTP Negeri 2 Pakkat Langge Tahun 1994-1997, 

3. SMK Negeri 1 Pakkat Tahun 1997- 2000.

4.Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera (STAIS) Medan 2009 -2016


1.Sekretaris Jenderal Pendiri Perkumpulan Perjuangan Masyarakat Tradisional (PERMATRA) 2029 - Sekarang. 

2.Ketua DPD Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) Kota Medan 2019-2022, 

3. Sekretaris Umum DPP Generasi Negarawan Indonesia (GNI) , 

4. Wakil Sekretaris Jenderal DPP Perserikatan Bangso Batak Sedunia (DPP PBBD). 

5.Sekretaris Ikatan Limbong Muslim Boru,Bere Kota Medan Sekitarnya

6. Sekretaris masyarakat Peduli Agraria (Maspera) Wilayah Sumbagut periode 2022-2027.


1.Pimpinan Redaksi Bagso Batak News (BBN) Tahun 2020 - 2021, 

2. Pimpinan Redasi Pilar Keadilan Rakyat (PKR)Tahun 2021-sd.Sekarang,

3. Pimpinan Umun GNInews Post tahun 2021 - sd.Sekarang, 

4. Pimpinan Umum Elindonews.my.id Tahun 2021 - sd.Sekarang. (roi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar