North Sumatera Invest -NSI- Day Dihadiri Pejabat Gubernur Sumatera Utara



Medan | Elindonews.my.id

 

Dalam acara North Sumatera Invest-NSI-Day sebagai  Rangka Promosi Investasi  Perdagangan dan Pariwisata. Pemerintah propinsi Sumatera  Kembali mengadakan busnis matcing forum Pertemuan antara calon Invistor dan pemilik proyekstrategis di  Sumatera Utara.   


Tahun  2022 lalu Tim Nort Sumatera Invest  -NSI-terdiri dari Bank Indonesia, BAPPEDA, Dan DPMPPTSP TELAH MenyelenggarakanAcara Serupa dengan Nama “NSI BUSINESS FORUM” Dan Dilanjutkan  Pada Tahun 2023 Ini Dengan nama “NSI DAY”.


Demikian dikatakan Pejabat Gubernur Sumatera Utara Hasanuddin dalam sambutan pada acara Nort Sumatera Invest-NSI-Day di Medan tanggal 6 November 2023 yang Selanjutnya mengatakan, NSI merupakan ajang Promosi Proyek Investasi Strategis di derah ini guna mendorong pemulih ekonomi berkelanjutan. 


Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakasakan ketentuan   ASEAN Oleh Indonesia tahun ini dengan   Tema  “ASEAN EpicentrumOF Growth. Selaras dengan tema Asean, NSI DAY 2023 Diharapkan dapat mendorong sumber-sumber pertumbuhan ekonomi   Sumatera Utara yang baru dengan tema  “ENHANCING NORTH SUMATRA ECONOMIC GROWTH THROUGH SUSTAINABLE INVESTMENT AND FINANCIAL INCLUSION”.


Dikatakan, NSI DAY memberi peluang bagi proyek owner  Didaerah ini untuk mempresentasikan secara lebih luas potensi, prospek dan keunggulan Kepada calon imvestor dan atau  Stakeholder terkait sehingga harapannya terjadi kesepakatan lebih antara kedua pihak untuk saling  kerjasama.


Pertemuan ini merupakan komitment bersama untuk mendorong dan memajukan sektor investasi guna  mendukung investasi  untuk mendukung pertumbuhan ekomomi yang lebih. 


Ditambahkannya, Pertumbuhan ekonomi Suatera Utars Pada TW II tahun 2023 mencapai 5,19% -YOY- Berdasarkan  Data Badan Pusat Statistik. Sektor Investasi berhasil menyumbang   29,03% atau sebagai kontributor terbesar ketiga dari sisi pemgeluaran setelah konsumsi rumah tangga dan kinerja ekspor. 


Konsumsi Rumah Tangga memiliki andil terbesar dalam perekomomian Sumatera Utara -50,95%-dan tumbuh di TRIWULAN II 2023 Sebesar 6,2% yang menjadikan daerah ini sebagai pasat yang potensial untuk berinvestasi. Dari sisi lapangan usaha kata Hasanuddin, daerah ini memiliki hamparan areal pertanian yang luas dengan tanah yang subur sehingga cocok untuk dikembang berbagai komoditas pertanian.


Berdasarkan data BPS Sektot Pertanian terhadap total PDRB Sumatera Utara relatif besar yakni mencapai  23%. Jumlah tenaga kerja kerja disektor petanian  Paling besar didaerah ini  Mencapai 34,65% dari total  penduduk yang bekerja pada maret  2023.


Selain itu masih banyak peluang inevestasi yang didaerah ini yang dapat dikembangkan.


Menurut PJ Gubernur Sumstera Utara Hasanuddin, pemerintah  pusat Dan pemerintah daerah Sumatera Utara  Sedang fokus menumbuhkan iklim investasi dan didaerah ini siap dengan dukungan pemberian insentif  dan kemudahan lain bagi investor dalam berimbestasi dengan menerbitkan perda  NO.3 TAHUN 2023 Tentang  Pemberian insentif.-FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar