Pertumɓuhan Ekonomi Sumatera Utara Triwulan I 2023 Melandai



MEDAN | Elindonews.my.id


Acara yang berlangsung kemarin jumat, tanggal 5 Mei 2023 yang membahas Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara terkait dengan beberapa komoditas padi selama periode triwulan I, kita melihat panen terjadi dibeberapa kabupaten seperti Kabupateb Langkat, Serdang Bedagai, Deli Serdang dan Kabupaten Simalungun. 


Selain itu juga disampaikan komoditas Kelapa Sawit yang menjadi komoditas utama di Sumatera Utara ada dari efek dari cuaca juga menjadi informasi yang memberi dampak terkait produksi dari kelapa sawit diperiode ini. 


Demikian dikatakan Kepala  Badan Pusat Statistik-BPS-Sumatera Utara-Nurul Hasanudin SST,M Start-dalam keterangannya hari Ini,  tanggal 5 Mei 2023 disiarkan secara live Setreming yang selanjutnya menjelaskan,   juga ada penjelasan mengenai ekspor komoditas yang tercatat turun di triwulan ini termasuk juga ekspor ikan dan udang ada penurunan sebesar 7,86 persen. 


Dikatakan, selain itu juga ada informasi kayu bulat juga ekspornya mengalami penurunan sebesar 17,92 persen untuk Q t Q. Ini disebabkan iklim menjadi faktor cukup sehingga dampak kualitas hasil dari pertanian didaerah ini. 


Menurutnya, selanjutnya dilihat dari peristiwa dengan beberapa informasi yang juga menyangkut pariwisata sebagai perkembangan penerbangan tingkat hunian hotel berbintang dan non- bintang atau juga terkait bagaimana perkembangan wisatawan mancanegara Sumatera Utara dari pintu Kualanamu dan Silangit dan dari pelabuhan kapal laut Teluk Nibung dan Belawan. 


Aktifitas ini juga ada peningkatan. Juga terjadi penurunan dari indikator tersebut termasuk bagaimana TPK hotel ada penurunan dibandingkan TW sebelumnya. Ia juga mengatakan, peristiwa perkembangan inflasi didaerah ini ditriwulan I ada kecendrungan melandai terkait perkembangan harga , juga bagaimana perkembangan harga CPO yang terjadi tekanan diperiode triwulan I (januari-maret 2023). Selain itu juga harga dunia juga mengalami penurunan terhadap penjualan CPO.

-FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar