Pentingnya Pengetahuan Agama Sejak Usia Dini


Ustajah Muzlifah


Bekasi | Elindonews.my.id


Pengajian anak-anak sangat penting disampaikan sejak dini. Karena dalam belajar mengaji dan membaca Al,Quran, diharapkan mampu menjadi tangkal bagi anak-anak dalam menghadapi era teknologi yang semakin maju. Hal itu telah dilakukan di Masjid At,tauhid Perumahan Logam Bangun Setia /LBS2 Blok J rt 05 rw 020 Desa Muktiwari kec, Cibitung. kab,Bekasi.

 

Pengajian tersebut dalam binaan ustadz Amir Hamzah dan dibantu oleh guru pengajar ustajah Muslifah. Dalam hal ini pengajian tersebut semakin ramai disebabkan betapa pentingnya ilmu Agama disisi orang tua terutama di era modernisasi ini.


Kini dunia memiliki perubahan sangat cepat dan dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit di kontrol, salah satu pengaruh terbesar dari pergeseran dunia di zaman sekarang tentu saja di pengaruhi oleh teknologi. Kecepatan teknologi dan informasi akan memengaruhi gaya hidup seseorang,termasuk anak - anak , Ujar Muzlifah, Jumat 12/5/23.


Jadi bagaimana peran orang tua dalam membesarkan sang buah hati agar memiliki mental dan iman yang kuat dalam agama ? Tentunya mengajarkan Pendidikan Agama Islam sejak usia dini, salah satunya mengajarkan anak membaca Al- Quran.Tapi menjadi guru ngaji juga bukan hal mudah, harus memiliki ilmu yang cukup untuk mengajarkan anak-anak ngaji , seringkali ditemui anak-anak usia dewasa masih keliru dalam membaca Al,Quran. Ujar Muzlifah


Kekeliruan anak dalam membaca Al,Quran ini bisa jadi karena minimnya guru ngaji yang benar- benar faham, kebanyakan hanya mengajarkan bunyi, tanpa menekankan makhraj yang benar.


Bahkan sampai pada taraf Al,Quran tajwid bacaan diabaikan begitu saja padahal untuk jangka panjang, kekeliruan dalam membaca ini justru akan menimbulkan mudharat yang tak sepele, yakni kesalahan dalam arti bacaan yang akan berujung dosa.


Sungguh bukan maksud merendahkan para guru mengaji yang macam ini, hanya saja harus ada kesadaran untuk tetap belajar jika memang merasa belum begitu fasih.


Sadarlah bahwa dalam konteks luas, guru dan murid adalah pembelajaran dan sedang sama-sama belajar, maka tak perlu sungkan mempertajam ilmu demi eksisnya Alquran yang mulia ,lagian tanggung jawab dalam belajar itu besar lho ,ujar Muzlifah.

(Fen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar