Sosialisasi Hasil Long Form -LF- SP2020


MEDAN | Elindonews.my.id


Kepala Badan Pusat Statistik -BPS- Sumatera Utara Nurul Hasanudin minta agar data Penduduk hasil Sensus Penduduk -SP-2020 lanjut Hasil Long Form -LF- SP 2020 yang lebih lengkap dapat dimanfaatkan untuk kepentingan data bagi masyarakat.  

   

“Data penduduk ini jangan hanya jadi data publikasi di perpustakaan BPS,” kata Nurul Hasanudin di Medan Senin -20-03-23-

   

Hal itu ditegaskan Hasan, panggilan akrabnya ketika membuka Sosialisasi Hasil Long Form -LF- SP2020 di hotel Cambridge Medan Senin -20/3/2023- Diskusi LF SP2020 menghadirkan narasumber Ketua Tim Teknis Statistik Sosial BPS Sumut Azantaro dan Prof Heru Santosa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat -FKM- USU, Koalisi Kependudukan Indonesia Provinsi Sumatera Utara.

   

Hasan memaparkan pada Sensus Penduduk 2020, terkendala pandemi Covid-19. Sehingga pada tahun 2022 dilanjutkan ke Sensus Penduduk Lanjutan -Long Form-SP2020 yang  variabelnya lebih lengkap,  ada data kelahiran dan kematian selesai Januari 2023. “Dengan kerja keras seluruh pihak, pendataan Long Form SP2020 selesai dilaksanakan,” jelas Hasan.

 

Prof Heru Santosa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat -FKM- USU, Koalisi Kependudukan Indonesia Provinsi Sumatera Utara juga mengakui sekarang data penduduk tak hanya dari BPS tapi banyak instansi yang menghasilkan data sendiri.

   

Menurut Heru, pemanfaatan data kependudukan diperlukan sebagai indikator persiapan generasi berkualitas dan berdaya saing yang mampu berperan aktif dalam kegiatan pembangunan. 


Untuk mewujudkan tujuan tersebut perlu pembangunan berkualitas penduduk difokuskan pada unsur ekonomi, pendidikan dan kesehatan. -FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar