Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Masih Tetap Tinggi



MEDAN | elindonews.my.id


Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat tetap tinggi yakni 5,01% -yoy- pada triwulan IV-2022 dan 5,31% -yoy- secara keseluruhan tahun 2022, di tengah pertumbuhan ekonomi global yang dalam tren melambat.


Demikian dikemukakan Pemimpin Bank' Indonesia-BI-Perwakilan Sumatera Utara-Doddy Zulverdi-dalam keterangan Bincang-Bincang Media-BBM-Senin 28 Februari 2023.


Selanjutnya dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang kuat didukung oleh hampir seluruh komponen PDB dari sisi pengeluaran. 


Konsumsi rumah tangga tumbuh sejalan meningkatnya mobilitas masyarakat, termasuk aktivitas perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional -HBKN- Natal dan Tahun Baru, serta berlanjutnya penyaluran bantuan sosial. 


Dikatakan, untuk ekspor tetap tumbuh tinggi didorong oleh permintaan mitra dagang utama yang masih kuat. 


Sementara itu Doddy menyebutkan, untuk konsumsi Pemerintah terkontraksi, namun lebih dipengaruhi oleh penurunan belanja kesehatan seiring dengan kondisi pandemi yang terus membaik.


Selanjutnya, secara Lapangan Usaha -LU-, seluruh LU menunjukkan kinerja positif, terutama ditopang oleh Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, serta Informasi dan Komunikasi. 


LU Transportasi dan Pergudangan serta Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum juga mencatat pertumbuhan yang tinggi didorong oleh berlanjutnya peningkatan mobilitas masyarakat dan naiknya kunjungan wisatawan mancanegara- wisman- dan wisatawan Nusantara -wisnus-.

FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar