Perkembangan Ekonomi Global Di Tahun 2023 Masih Perlu Diwaspadai



MEDAN | elindonews.my.id


Bank Indonesia memperkirakan  pertumbuhan ekonomi global lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.


Demikian dikatakan Pemimpin Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara-Doddy Zulverdy-dalam bincang-bincang Media-BBM-Senin, 28 Februari 2023 yang berlangsung digedung BI jalan Balai Kota Medan.


Selanjutnya dia mengatakan, ini disebabkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang berpotensi lebih tinggi dari negara lain. Permintaan yang sejalan dengan perkembangan ekonomi Tiongkok pasca penghapusan zero covid policy.


Dikatakan, ketidak pastian pasar keuangan global mereda sehingga berdampak pada peningkatan aliran modal kenegara berkembang dan berkurangnya tekanan depresiasi nilai tukar. 


Namun perekonomian AS dan Eropah masih diperkirakan melambat dengan usaha resesi yang masih tinggi. Meskipun demikian kata Doddy Zulverdy-inflasi tetap tinggi seiring dengan harga energi dan pangan yang belum turun signifikan dan tenaga kerja terutama di AS dan. Eropah yang masih kuat. 


Menurut Pemimpin BI Perwakilan Sumatera Utara-inflasi yang tetap melandai diperkirakan mendorong kebijakan moneter ketat di negara maju mendekati titik puncaknya dengan suku bunga diperkirakan masi tinggi sepanjang tahun 2023.

.-FR-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar