Menkominfo RI, Apresiasi FI PawerBoat Lake Toba, Keindahan Danau Toba Luar Biasa


Tengah, Menkominfo RI Jhony G Plate


BALIGE | elindonews.my.id


Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny Gerard Plate meminta kepada media agar memberikan pemberitaan yang positif tentang keindahan Danau Toba, agar event F1 Powerboat Lake Toba Indonesia dapat menjangkau 180 juta viewers internasional.


Demikian disampaikan Menkominfo RI, Johnny Gerard Plate pada saat Press Confress, di Media Center Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu yang diikuti media luar negeri, Sabtu (25/2/2023).


Dijelaskan Johnny, pemberitaan media sangat berperan guna menaikkan destinasi wisata Danau Toba sehingga banyak dikenal dunia melalui event F1PowerBoat Lake Toba tersebut. 


“Berharap andil media dalam acara ini. Sehingga F1 Powerboat Lake Toba dapat berjalan  sukses begitu juga keindahan alamnya”, papar Johnny.


Untuk kesiapan komunikasi dan media, Kominfo RI melalui Dirjen Komunikasi dan Informatika mendukung penuh kegiatan F1 Powerboat dengan menyediakan dua media center.


“Wilayah liputan yang disediakan sangat terbatas dan media harus mempunyai tempat liputan yang nyaman”, terangnya.


Ditambahkan dia, bahwa untuk saat ini, jumlah media yang hadir untuk liputan F1 Powerboat Lake Toba sebanyak 101 media. Untuk internasional sebanyak 40 media,  Nasional 23 dan lokal sebanyak 38 dengan jumlah wartawan keseluruhan sebanyak 150 orang.


Selain itu, lanjutnya Kominfo RI juga melibatkan sebanyak 13 Humas Kementerian serta lembaga 97 humas dari setiap daerah untuk kesuksesan acara F1 Powerboat Lake Toba.


Johnny berharap, dengan pemberitaan yang disajikan media menjangkau 180 juta viewers internasional, dan tingkat pariwisata Danau Toba naik secara mendunia.


“Kegiatan F1 Powerboat merupakan salah satu pendorong maupun pendukung destinasi prioritas yang dikenal secara internasional.


Hal ini juga dampak dari multi pelayanan pariwisata melalui pemberitaan media internasional dari 40 media dengan target pemberitaan keindahan pariwisata Danau Toba”, tegasnya.


Sambungnya lagi, ini sebagai bentuk dukungan Kominfo, dengan dibangunnya jaringan telematika untuk kelancaran komunikasi suksesnya F1 PowerBoat Lake Toba melalui kapasitas besar dengan ODP mencapai 110 titik yang tersebar di setiap kecamatan ditambah jaringan corporate sinyal 4G.


“Lancar dan suksesnya kegiatan F1 Powerboat akan menjadi kesuksesan industri pariwisata dan akan kegiatan besar lainnya. Disisi lain dia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memerikan kesan cukup menyenangkan. Masyarakat juga turut ambil inisiatif untuk acara ini dengan antusias sangatlah positif sehingga memberikan kenyamanan serta keamanan bagi peserta F1 Powerboat ini”, ucapnya.


Sedangkan,  Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan bahwa rekayasa lalulintas telah dilakukan melalui koordinasi bersama dengan Polda Sumatera Utara (Poldasu). 


Sehingga event ini dapat berjalan serta memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat Toba secara signifikan, dengan berjalan kaki untuk menonton F1 Powerboat sehingga kurangi kemacetan dan pengunjung dapat berbelanja di UMKM yang telah disediakan”, katanya. 

(JB Rumapea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar