Ketua DPRD Sumut : Ini Tantangan Pidato Jokowi, Dunia Pers Tidak Sedang Baik-baik Saja



MEDAN | elindonews.my.id


Presiden RI Joko Widodo yang biasa di panggil Pak Jokowi, dalam pidatonya menyampaikan bahwa,  dunia pers tidak sedang baik-baik saja. Saya ulangi, dunia pers tidak sedang baik-baik saja”


Pidato Presiden Jokowi disampaikan pada  peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu, Kamis 9/2/2023) di Medan.


Dia jelaskan,  merujuk kondisi pemberitaan sekarang yang cenderung sebebas-bebasnya. Oleh karenanya, kepada seluruh insan pers, Presiden meminta pemberitaan harus bertanggungjawab dengan mengedepankan kualitas isi dari sebuah produk jurnalistik.


Di sisi lain, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting di sela-sela acara perayaan Hari Pers Nasional (HPN) menyampaikan, pidato Jokowi tersebut juga mengingatkan pesan Bung Karno kepada insan pers di Istana Bogor, lima dasawarsa lalu.


“Presiden meminta kita agar arus informasi yang sedemikian banyaknya untuk mengedepankan integritas. Bung Karno dahulu juga mengingatkan demikian, bahwa jurnalis harus mengedepankan persatuan, jangan gontok-gontokan apalagi fitnah,” ucapnya.


Politisi PDI Perjuangan itu, dalam pidatonya, Bung Karno terus meng-upgrade diri.


“Begitu mendengar pidato Bapak Presiden tentang tantangan pers ke depan, maka saya teringat pesan Bung Karno. Beliau saat itu mengatakan, para wartawan agar melakukan upgrading diantaranya dengan membaca agar menjawab tantangan ke depan,” terangnya.


Berharap, ada perubahan platform media dalam menghadapi arus digitalisasi yang dinamis ini, para insan pers terus mengedepankan kualitas pemberitaan dengan kaidah jurnalistik.


“Kita semua memiliki tanggungjawab untuk menjaga kepercayaan publik dengan menghadirkan akses informasi yang berkualitas," sebutnya. (JB Rumpet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar