Aneh, Dana Ketapang Di Desa Silulu Digunakan Bangun Jalan



SIMALUNGUN | elindonews.my.id

     Masyarakat Nagori Silulu Kecamatan Gunung Malela merasa heran. Karena dana Ketahanan Pangan ( Ketapang) digunakan untuk pembangunan jalan desa.

     Pemerintah Desa Silulu, bangun jalan di sektor pertanian, tepatnya di Huta II Gang Kampus.  Sesuai plang proyek di lokasi, kegiatan pembangunan jalan pertanian dari rabat beton bersumber dari Dana Desa tahap I Tahun Anggaran (TA) 2022, dengan pagu kegiatan sebesar Rp 117.846.000.00, dengan  volume kegiatan lebar 1 meter dan panjang 233 meter. lalu ketebalan jalan sektor pertanian 0,15 meter, ditambah 3 buah plat beton dengan ukuran panjang 3 meter, lebar 1,2 meter dan tebal 0,20 meter.dana yang digunakan diambil dari pagu desa  sebesar 20% untuk ketahanan pangan.

     Menurut pendamping desa Suparjo,  dana tersebut dianggarkan  sesuai PP no 104. Musyawarah dilakukan sebelum terbit APBNag dan postingan suskwedes. Disitulah anggaran yang 20% bisa digunakan sesuai Permendes no 13 Tahun 2021 dan Menkeu 109.

    Oleh sebab itu Pemnag melakukan musyawarah diputuskan membangun jalan usaha tani memang sangat dibutuhkan masyarakat bertujuan mendukung dan memperlancar aktivitas hasil panen,sebagian lagi akan dilanjutkan pada tahap II. Buka jalan 1 meter itu sudah kesepakatan melalui Musyawarah Desa (Musdes),” ungkap Karianto

     Sementara menurut  Kasi PMN Kecamatan gunung Malela,bahwa kami tidak dikutsertakan,coba tanya ke perangkat Desa apakah sudah lewat musdes?,ungkap Suadak

( Jhonry Sitorus )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar