Momen Spesial Harpelnas, Karyawan PT Agri Sinar Kencana Terima Tangan Palsu Mekanik Dari BP Jamsostek



Medan | Elindonews.my.id


Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tanjung Morawa Deli Serdang Sumatera Utara menyerahkan tangan palsu kepada peserta atas nama M Zaki, karyawan PT Agri Sinar Kencana yang mengalami cacat anatomis akibat kecelakaan kerja di Deli Serdang, Sumut. 


Penyerahan itu merupakan moment spesial untuk memeriahkan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas)Tahun 2024. 


"Kita langsung  memberikan layanan peserta ke tempat kerja, bagi saudara kita di momen spesial ini, " jelas Kepala Kantor Wilayah  BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Henky Rhosidien sebagaimana disampaikan Wakil Kakanwil Kepesertaan Sanco Simanullang dalam keterangan tertulis, kamis (5/9/2024). 


Disebutkan, Cacat anatomis  adalah hilangnya salah satu anggota tubuh sehingga membutuhkan alat ganti tubuh untuk membantu peserta tersebut bergerak dan melakukan aktivitasnya.


"Kegiatan penyerahan tangan palsu ini merupakan salah satu program BPJAMSOSTEK yaitu Return To Work. Program pendampingan yang dilakukan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja selama masa penyembuhan, pemasangan alat ganti tubuh, sampai dengan pekerja dapat bekerja kembali,"  ujar Henky.


"Program Return to Work ini adalah bentuk perluasan manfaat dari Jaminan Kecelakaan Kerja, dimana BPJAMSOSTEK memfasilitasi pekerja dan perusahaannya agar pekerja tidak kehilangan mata pencaharian penghasilannya dan perusahaan tidak kehilangan karyawannya serta karyawannya dapat tetap produktif, " imbuh Henky. 


Sementara itu, Wakil Kakanwil Sanco Simanullang yang hadir dalam Penyerahan tangan palsu  mengungkapkan Esensi Program Return to Work.


"Agar pekerja yang mengalami cacat anatomis tetap dapat bekerja dan menghidupi keluarganya. Karena dengan begini akan mencegah timbulnya kemiskinan baru. Namun negara turun tangan, hadir lewat program RT, " ungkap Sanco. 


Ditambahkan Sanco, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perusahaan agar pekerjanya bisa mendapatkan manfaat Return to Work apabila mengalami kecelakaan pada saat bekerja yaitu, Perusahaan harus terdaftar dan menjadi peserta BPJAMSOSTEK, perusahaan tertib membayar iuran, dan perusahaan tidak menunggak iuran. 



*Terharu*

Sementara itu, Zaki terharu dengan mata berkaca kaca didampingi sang istri  menyampaikan terimakasih atas bantuan tangan palsu tersebut dari BPJAMSOSTEK . 


Diperkirakan,  pembiayaan untuk orthocare, perawatan dirumah sakit, Sementata Tidak Mampu Bekerja, mencapai  Rp 150 juta.


"Alhamdulillah, Saya bersyukur dengan adanya program Return to Work ini. Kami sangat terbantu, tidak terbayangkan kalau biaya sendiri. Dan, saya masih bisa tetap bekerja dan menafkahi keluarga saya, sukses selalu untuk BPJS Ketenagakerjaan," ujar Zaki. 


Sedangkan  pihak  PT Agri Sinar Kencana menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas pelayanan memuaskan dari BPJS ketenagakerjaan.


Ia menyebutkan, Kronologi  kejadian yang dialami Zaki, saat melakukan pemeriksaan dan pembersihan mesin airlock yang tersumbat dengan kayu. 


Lantas tangan sebelah kanan Zaki terjepit, sehingga mengakibatkan diamputasi.


*Komit Berikan Layanan Terbaik*

Sebelumnya, pada rabu (4/9/2024) bertempat di Gedung Kantor BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morawa, rangkaian kegiatan Hari Pelanggan Nasional Tahun 2024  dimulai dengan sambutan dari Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Morawa Andi Widya Leksana, dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Deliserdang Budi Iswan Sinaga, dan Wakil Kepala Wilayah Kepesertaan Sumbagut Sanco Simanullang dilanjutkan dengan diskusi interaktif serta kegiatan games. 


"Hari Pelanggan Nasional kita rayakan sebagai bentuk apresiasi kepada peserta serta mendorong agar peserta semakin bertumbuh dan kuat. Para pekerja merupakan aset penting bagi perusahaan, sehingga mereka berkomitmen dan mengedepankan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan, " ujar Andi. 


Tahun ini BPJS Ketenagakerjaan mengusung tema 'Tulus Melayani Sebarkan Inspirasi' dengan tema ini diharapkan pelayanan semakin mudah kepada peserta dengan pengembangan fitur-fitur layanan khususnya pada aplikasi JMO (Jamsostek Mobile). 


Andi mengucapkan terima kasih kepada para peserta atas kepercayaannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 


"Semoga kedepan para pekerja semakin sejahtera dengan program jaminan sosial ketenagakerjaan, " kata Andi.  (E_01/rel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar