Hasil Survey BI : Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III – 2024 Tetap Baik

Hasil Survey BI : Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III – 2024 Tetap Baik





Hasil survei Bank Indonesia menunjukkan kegiatan ekonomi pada triwulan III-2024 tetap baik, sebagaimana tercermin pada keyakinan konsumen yang tinggi.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Dewan Gubernur BI dalam pengumuman Hasil RDG September 2024, Rabu (18/9/2024). Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2024 berada dalam kisaran 4,7 – 5,5 persen. Optimisme tersebut muncul lantaran pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan kinerja yang baik.

“BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2024 berada dalam kisaran 4,7 – 5,5 persen, titik tengahnya adalah 5,1 persen,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam pengumuman Hasil RDG September 2024.

Kendati pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan kinerja yang baik. Namun, Pemerintah perlu terus mendorong agar pertumbuhan tersebut lebih tinggi lagi.

Konsumsi rumah tangga juga tetap terjaga, khususnya untuk kelas menengah ke atas. Ekspor nonmigas tetap baik, sehingga turut menopang pertumbuhan ekonomi.

Perry mengatakan, belanja Pemerintah yang diperkirakan meningkat akhir tahun ini diharapkan dapat menopang permintaan domestik.

Sebagaimana tercermin pada keyakinan konsumen yang tinggi, penjualan eceran yang positif serta impor barang modal, dan penjualan semen yang meningkat.

“Ke depan berbagai upaya perlu terus ditempuh untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia agar lebih tinggi. Baik dari sisi permintaan maupun dari sisi penawaran,” ujar Perry.

Bank Indonesia akan terus memperkuat bauran kebijakan, baik kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran.

(Taulim PM/rel)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar