Triwulan II 2024 Produksi Padi Sawah Di Sumut Turun Komoditas Sayuran Meningkat



Medan | Elindonews.my.id


Terjadi penurunan produksi padi sawah bila dibandingkan Triwulan I-2024 (q-to-q). Begitu juga telah terjadi pergeseran panen raya dari Triwulan II-2024 ke Triwulan I-2024. Sehingga produksi padi sawah juga menurun dibandingkan tahun sebelumnya (y-on-y) karena adanyaperubahan panen raya. 


Hal itu disampaikan Kepala BPS Provinsi Sumut, Asim Saputra pada acara sosialisasi pertumbuhan ekonomi Sumut triwulan II tahun 2024, Senin 05/08/24 di ruang Lotus Aryaduta hotel Medan.


Menurut Asim, data statistik pada Triwulan II-2024 produksi kelapa sawit mengalami peningkatan, sementara itu, produksikomoditas karet, kopi, maupun kakao cenderung menurun. 


Sedangkan Ekspor kelompok komoditas sayuran dan buah-buahan meningkat dari triwulan sebelumnya (q-to-q). Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (y-on-y), kelompok komoditas sayuran mengalami kontraksi; sedangkan kelompok komoditas sayuran cenderung meningkat.


Ekspor ikan, kerang-kerangan dan moluska mengalami kontraksi pada Triwulan II-2024 dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q) maupun tahun sebelumnya (y-on-y).


Lebih lanjut dipaparkan, Pemotongan hewan ternak dan produksi telur unggas mengalami peningkatan pada Triwulan II-2024 dibandingkan triwulan sebelumnya (q-to-q) maupun tahun sebelumnya (y-on-y). Angka Sementara, KementrianPertanian Hal tersebut seiring dengan momen hari raya idul adha dan idul fitri yang terjadi di triwulan II 2024.

(Taulim P.M)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar