KPPU Hadiri Pertemuan Pimpinan Otoritas Persaingan Se-Asia Timur



Kuala Lumpur | Elindonews.my.id


Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) hadiri pertemuan pimpinan otoritas persaingan usaha Asia Timur (East Asia Top Level Meeting on Competition Law and Policy atau EATOP) pada tanggal 23 Juli 2024 di Kuala Lumpur guna membahas berbagai isu strategis di bidang penegakan hukum persaingan usaha. 


Dalam rangkaian pertemuan tersebut, KPPU turut melakukan pertemuan dengan otoritas persaingan usaha Singapura dan otoritas penerbangan Malaysia dalam bertukar pikiran mengenai konsolidasi pelaku usaha penerbangan di Kawasan ASEAN.


Hadir dalam berbagai pertemuan tersebut, Anggota KPPU Mohammad Reza dan Anggota KPPU Hilman Pujana, serta beberapa perwakilan Sekretariat KPPU.

 

EATOP merupakan pertemuan antar pimpinan otoritas persaingan usaha di Kawasan Asia Timur dalam membahas berbagai isu penegakan hukum dan kebijakan persaingan usaha guna menyelaraskan praktik-praktik yang ada di Kawasan.


Pertemuan tahunan ini pertama kali dilakukan di Bogor pada tahun 2005, diinisasi oleh otoritas persaingan usaha Jepang melalui dukungan KPPU. Pada pertemuan ke 19 tersebut, berbagai isu seperti pengaturan pasar digital, pengendalian merger, dan studi pasar turut dibahas. Lebih lanjut, KPPU turut melakukan pertemuan terbatas dengan Competition and Consumer Commission of Singapore dan Malaysian Aviation Commission dalam mendiskusikan konsolidasi beberapa maskapai penerbangan di ASEAN guna menemukan formula yang tepat dalam menyikapi persoalan tersebut.

 

Selain dua pertemuan tersebut, KPPU turut hadir di kegiatan the East Asia Conference on Competition Law and Policy yang dilaksanakan secara back-to-back pada tanggal 24 Juli 2024 untuk membahas isu terkait peran persaingan usaha dalam mempengaruhi biaya hidup (cost of living) dan pengendalian merger dan akuisisi. (Eln/rel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar