Naibaho Silima Ompu Berangkatkan Fredy Situmorang SH MH Dan Andreas Simbolon SH Dengan Doa Untuk Memimpin Kabupaten Samosir

Naibaho Silima Ompu Berangkatkan Fredy Situmorang Dan Andreas Simbolon Dengan Doa Untuk Memimpin Kabupaten Samosir



Samosir | Elindonews.my.id


Dibuka dengan acara Gereja oleh Pdt. Vevo Hutajulu STh, MM disesuaikan dengan tertip acara yang telah tersedia Sampai kepada Tangiang Pangujungi.


Freddy Situmorang SH MH dan Andreas Simbolon SH memohon kepada Naibaho Silima Ompu Se -  Samosir untuk memberangkatkan dengan Doa agar dapat sukses meraih kedudukan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Samosir.    


Dengan mendekati secara kekeluargaan Adat Batak ditinjau dari Hubungan yang diikat oleh suatu ikatan melalui hubungan kekerabatan yang sudah ada semenjak Masyarakat/Orang  Batak membuat suatu Aturan pada zaman dulu  untuk dibuat dan di ikuti sebagai Pedoman Hidup dalam masyarakat yang kita ketahui adalah Dalihan Natolu yang menunjukkan ikatan antara bagian tungku yang satu dengan dua tungku lainnya saling mendukung agar dapat tetap kokoh keberadaannya disebut : 


DALIHAN NATOLU 

Terdiri dari ,

1. Somba Marhula hula 

2. Manat Mardongan Tu bu

3. Elek Marboru 


Dengan mengikuti jejak dari leluhur nenek yang terdahulu dengan adanya Berkat dari "Tangiang ni Hula hula / Tulang(Doa dari Paman)"adalah dianggap besarannya Sambola Langit(separoh Dunia )kata Binsar Naibaho .


FREDDY SITUMORANG SH MH DAN ANDREAS SIMBOLON SH Mendatangi Hulahula/Tulang mereka dengan meminta Di Doa kan oleh Hula hula/Tulang mereka yaitu NAIBAHO SI LIMA OMPU untuk dapat  meraih Bupati dan Wakil Bupati Samosir pada periode tahun 2024 - 2029 mendatang.


Dengan menggelar adat Mangido Tangiang sian Hula-hula/Tulang Naibaho Silima Ompu se - Samosir di Kelurahan Si Ogung ogung huta Simangonding  kec Pangururan Kab. Samosir, hari Sabtu (27/07/2024).


Dalam acara ini dapat kita lihat salah seorang Tokoh Masyarakat Binsar Naibaho  yang sudah di akui dalam tatanan penggelaran adat Batak di Samosir dan pada acara ini  adalah termasuk  berkedudukan sebagai Tulang, katanya pada wartawan .


Sehubungan dengan acara ini nampak Seekor Sapi yang dibawa oleh Pihak FREDDY dan ANDREAS sebagai persembahan kepada Hula-hula/Tùlang  yang sudah di sembelih dan dipotongpotong di buat dalam suatu tempat untuk mudah di baģikan sesuai pada Jambar (bagian)masing masing penerima, demikian juga hula


Dalam pelaksanaan adat tersebut Hulahula/Tulang memberikan Ikan si mudur udur (melambangkan agar tetap seia sekata dalam menjalankan (tugas ) .


Selanjutnya Acara

Mangulosi (memberikan ulos) pada Cabup FREDDY SITUMORANG SH MH dan Cawabup ANDREAS SIMBOLON SH . beserta Keluarga lainnya .


Dimana Ulos adalah Melambangkan bahwa Hula hula terus menyertai dan mengawal mereka sampai pada keberhasilan .


Acara dilanjutkan dengan memberikan Pernyataan dari Naibaho SILIMA Oppu se Samosir untuk memenangkan Pasangan FREDDY SITUMORANG SH MH DAN ANDREAS SIMBOLON SH  sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kab. Samosir periode 2024 - 2029 secara Paku Mati .


Pada kesempatan ini nampak hadir Mantan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM yang juga sebagai Anggota DPR RI terpilih 2024-2029 juga adalah Ayah Kandung dari ANDREAS SIMBOLON SH didampingi Ibu Kandung nya Ketua DPRD Samosir 2019-2024 dan juga terpilih jadi Anggota DPR Provinsi Sumatera Utara. 


Dalam kesempatan ini Rapidin menegaskan akan berusaha turut bergerak nantinya pada pembangunan Samosir yang kita cintai ini, ungkapnya .


Demikian juga selain Tim Energi Baru muncul Komunitas Gempur yang solid untuk memenangkan Pasangan FREDDY dan ANDREAS sebagai Bupati dan Wakil Bupati Samosir .


Diujung acara mantan Ketua DPRD Samosir  Jhonni Naibaho sebagai ketua Tim pemenangan bersama Anggota tim mengucapkan terima kasih banyak kepada semua atas kehadiran dan dukungannya .

( Nanang Simatupang SP.d).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar